A. Batch System
Batch system adalah dimana job-job yang mirip dikumpulkan
dan dijalankan secara kelompok kemudian setelah kelompok yang dijalankan tadi
selesai maka secara otomatis kelompok lain dijalankan. jadi dengan kata lain
adalah teknologi proses komputer dari generasi ke-2. yang jika suatu tugas
sedang dikerjakan pada 1 rangkaian, akan di eksekusi secara berurutan. Pada
komputer generasi ke-2 sistem komputer nya maasih blum dilengkapi oleh sebuah
sistem operasi. But, dalan beberapa fungsi sistem operasi, seperti os yang
tengah berkembang pada jaman sekarang ini. Contohnya adlah FMS ( Fortarn
Monitoring System ) dan IBSYS.
Jadi bisa disimpulkan, bahwa komputer generasi ke-2 ini
merupakan generasi pertama Sistem Operasi.
contoh sebuah Batch System adalah sebuah e-mail dan
transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi
secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi
tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan
kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama
siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut
dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.Teknik pengurutan
job secara manual begini akan menyebabkan tingginya waktumenganggur CPU. Muncul
teknik pengurutan job otomatis yg mampu mentransfer secara otomatis dari suatu
proses ke proses lainnya.Program kecil dan bersifat residen dimemori serta
berisi urutan2 job yg akan berpindah secara otomatis, inilah “Resident Monitor”
BENTUK DARI BATCH
SYSTEM
Multi-programming adalah salah satu teknik penjadwalan
dimana tugas (task) yang sedang berjalan
tetap berjalan sampai ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk
menunggu respon dari luar (external event), misalnya membaca data dari
disket/CD/dsb, atau sampai komputer memaksa untuk menukar tugas yang sedang
berjalan dengan tugas lainnya. Sistem operasi yang yang menggunakan
multi-program sebagai scheduler-nya bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan
CPU.
Multiprocessing adalah istilah teknologi informasi dalam
bahasa Inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan
secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih
dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan
sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas
kepada prosesor-prosesor tersebut.
SUMBER : https://ahmadnurihsan059.wordpress.com/2018/10/28/apa-itu-batch-system-pengertian-dan-penjelasannya/#targetText=Batch%20system%20adalah%20dimana%20job,akan%20di%20eksekusi%20secara%20berurutan.
B. Critical Section
Critical Section adalah sebuah segmen kode dari sebuah
proses yang mana sumber daya diakses bersamaan. Terdiri dari:
Entry Section: kode yang digunakan untuk masuk ke dalam
critical section
Critical Section: Kode di mana hanya ada satu proses yang
dapat dieksekusi pada satu waktu
Exit Section: akhir dari critical section, mengizinkan proses
lain
Remainder Section: kode istirahat setelah masuk ke critical
section
Solusi untuk mengatasi masalah Critical Section, yaitu:
a). Mutual exclution : Jika proses pi sedang mengeksekusi
critical section-nya maka tidak ada proses lain yang dapat mengeksekusi dalam
critical section mereka.
b). Progress : Jika tidak ada proses yang sedang dieksekusi
dalam critical section dan ada beberapa proses yang ingin masuk ke critical
section mereka, maka pemilihan proses yang akan masuk ke critical section berikutnya
tidak bias ditunda
c). Bounded Waiting :Suatu keterikatan harus ada pada
sejumlah proses yang diijinkan masuk ke critical section mereka, setelah adanya
proses yang meminta masuk ke critical section dan sebelum permintaan itu
diterima.
Contoh pada algoritma
1. Cara-cara memecahkan masalah
• Hanya dua proses, Po dan P1
• Struktur umum dari proses adalah Pi (proses lain Pj)
do {
critical
section
remainder
section
} while(1);
Algoritma 1
Disini kita akan mencoba membuat sebuah rangkaian
solusi-solusi dari permasalahan yang makin meningkat kerumitannya.
Pada semua contoh, i adalah proses yang sedang berjalan, j
adalah proses yang lain. Pada contoh ini code.
i. Shared variables
• int turn
Initially
turn=0
• turn = i, Pi
can enter its critical section
ii. Process Pi
do {
while(turn!=1);
critical
section
turn=j;
remainder
section
} while(1);
iii. Memenuhi mutual exclusion, tapi bukan progress.
Algoritma 2
FLAG untuk setiap proses yang memberi STATE:
Setiap proses memantau suatu flag yang mengindikasikan ia
ingin memasuki critical section. Dia memeriksa flag poses lain dan tidak akan
memasuki critical section bila ada proses lain yang sedang masuk.
i. Shared variables
• boolean
flag[2];
initially flag [0] = flag [1] = false
• flag [i] =
true , Pi ready to enter its critical section
ii. Process Pi
do {
flag[i]:=true;
while(turn!=1);
critical
section
turn=j;
remainder
section
} while(1);
iii. Memenuhi mutual exclusion, tapi tidak memenuhi progess.
Algoritma 3
FLAG untuk meminta izin masuk:
· Setiap
proses mengeset sebuah flag untuk meminta izin masuk. Lalu setiap proses mentoggle
bit untuk mengizinkan yang lain untuk yang pertama
· Kode ini
dijalankan untuk setiap proses i
Shared variables
F boolean flag[2];
initially
flag[0] = flag[1] = false
F flag[i] = true;
Pi ready to enter its critical section
· Gabungan
shared variables dari algorima 1 dan 2
· Process Pi
do {
flag[i]:=true;
turn = j;
while(flag[j]
and turn = j);
critical
section
flag[i] =
false;
remainder
section
} while(1);
SUMBER :
http://muhammadmiftahpratama.blogspot.com/p/criticalsection-adalah-segmen-kode-d.html#targetText=Pengertian%20Critical%20Section,mana%20sumber%20daya%20diakses%20bersamaan.&targetText=Entry%20Section%3A%20kode%20yang%20digunakan,dapat%20dieksekusi%20pada%20satu%20waktu
C. Process Control Block
Sebagai pendahuluan kita harus mengenal dulu apa itu Sistem Operasi,Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Sebagai pendahuluan kita harus mengenal dulu apa itu Sistem Operasi,Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis
mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan
sumber daya lainnya.Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan
dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara
antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,meskipun kode aplikasi
biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan
menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada
hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan
video untuk superkomputer dan server web.
Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac
OS X, dan Microsoft Windows.
Definisi Proses
Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Menurut
SilberSchatz, suatu proses adalah lebih dari sebuah kode program, yang
terkadang disebut text section . Proses juga mencakup program counter , yaitu
sebuah stack untuk menyimpan alamat dari instruksi yang akan dieksekusi
selanjutnya dan register. Sebuah proses pada umumnya juga memiliki sebuah stack
yang berisikan data-data yang dibutuhkan selama proses dieksekusi (seperti
parameter method, alamat return dan variabel lokal), dan sebuah data section
yang menyimpan variabel global.
Kami tekankan bahwa program itu sendiri bukanlah sebuah
proses; suatu program adalah satu entitas pasif; seperti isi dari sebuah berkas
yang disimpan didalam disket. Sedangkan sebuah proses dalam suatu entitas
aktif, dengan sebuah program counter yang menyimpan alamat instruksi selanjut
yang akan dieksekusi dan seperangkat sumber daya ( resource yang dibutuhkan
agar sebuah proses dapat dieksekusi.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah
PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut,
yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor
identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses
dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang
menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang
memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi
lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu
sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama,
sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi
dapat juga mengubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan
dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada
proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi
menaikkan nilai prioritasnya).
Proses control block
Tiap proses digambarkan dalam sistem operasi oleh sebuah
process control block PCB - juga disebut sebuah control block. PCB berisikan
banyak bagian dari informasi yang berhubungan dengan sebuah proses yang
spesifik, termasuk hal-hal dibawah ini:
1.Status proses: status mungkin, new, ready, running,
waiting, halted, dan juga banyak lagi.
2.Program counter: suatu stack yang berisi alamat dari
instruksi selanjutnya untuk dieksekusi untuk proses ini.
3.CPU register: Register bervariasi dalam jumlah dan jenis, tergantung
pada rancangan komputer. Register
tersebut termasuk accumulator , indeks register, stack pointer ,
general-purposes register , ditambah code information pada kondisi apa pun.
Besertaan dengan program counter, keadaaan/status informasi harus disimpan
ketika gangguan terjadi, untuk memungkinkan proses tersebut berjalan/bekerja
dengan benar setelahnya (lihat Gambar 2-3).
4.Informasi managemen memori: Informasi ini dapat termasuk
suatu informasi sebagai nilai dari dasar dan batas register, tabel page/halaman,
atau tabel segmen tergantung pada sistem memori yang digunakan oleh sistem
operasi (lihat Bab Managemen memori).
5.Informasi pencatatan: Informasi ini termasuk jumlah dari
CPU dan waktu riil yang digunakan, batas waktu, jumlah akun jumlah job atau
proses, dan banyak lagi.
6.Informasi status I/O: Informasi termasuk daftar dari
perangkat I/O yang di gunakan pada proses ini, suatu daftar berkas-berkas yang
sedang diakses dan banyak lagi.
7.PCB hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi
yang dapat bervariasi dari proses yang satu dengan yang lain.
Gambar Proses Control Blok
Elemen-elemen dari Process Control Block (PCB) :
1.Identifier : menjelaskan proses yang sedang terjadi
2.State : kondisi yang terjadi pada proses
3.Priority : urutan perintah yang jelas pad suatu proses
4.Program counter : instruksi pada proses
5.Memory pointers : media penyimpanan (penunjuk alamat) pada
proses
5.Context data : data yang berkaitan dengan proses
6.I/O status information : terdapat masukan dan keluaran yang
diinginkan
7Accounting information : memberikan informasi yang
dibutuhkan
Macam-Macam Jenis Status Proses
Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses
pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam
status yang umum, yaitu:
1.Ready adalah status dimana proses siap untuk dieksekusi
pada giliran berikutnya
2.Running adalah status dimana saat ini proses sedang
dieksekusi oleh prosesor
3.Blocked adalah status dimana proses tidak dapat dijalankan
pada saat prosesor siap/bebas
D. Distributed Processing
Distributed data processing (DDP) system merupakan bentuk
yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system.
Bila beberapa sistem komputer yang bebas tersebar yang masing-masing dapat
memproses data sendiri dan dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi, maka
istilah time sharing sudah tidak tepat lagi. DDP system dapat didefinisikan
sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan
dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara
mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu
sistem.
Contoh Sistem Pengolahan Data terdistribusi
1.Internet
· Jaringan
komputer dan aplikasi yang heterogen.
·
Mengimplementasikan protokol internet.
2.Intranet
· Jaringan
yang teradminitrasi secara lokal.
· Terhubung ke
internet melalui firewall.
· Menyediakan
layanan internet dan eksternal.
3.Mobile Computing ( Sistem Komunikasi telepon seluler)
· Menggunakan
frekuensi radio sebagai media transmisi
· Perangkat
dapat bergerak kemanapun asal masih terjangkau dengan frekuensinya
· Dapat
menghandle/dihububngkan dengan perangkat lain
4.Sistem Telepon
· ISDN atau
yang biasa disebut jaringan telpon tetap (dengan kabel).
· PSTN
jaringan telepon/telekomunikasi yang semuanya digital.
5.Network File System (NTFS)
· WWW
Contoh Impementasi Distributed Data Processing System
Aplikasi facebook.Com yang biasa anda gunakan untuk
bersosialisai dengan saudara, kawan dan orang di seluruh dunia melalui
internet. Bila kita lihat aplikasi tersebut, database tidak didistribusikan,
tetapi proses sistem dan penggunaan fungsi-fungsi atau feature pada sistem
terpisah-pisah prosesnya tidak satu proses saja dalam satu waktu. Pada waktu
tertentu ada orang yang sedang isi status, dan mungkin di waktu yang sama ada
sedang mencari teman, ada yang mengupload foto dan sebagainya. Tampak disini beberapa proses pada sistem
terdistribusi pada setiap client yang berbeda.
Pada penggunaan aplikasi pembayaran / transaksi online pada
suatu perusahaan, misalnya saja tiket pesawat terbang. Aplikasi tersebut juga
contoh dari aplikasi pengolahan data terdistribusi, dimana data pembayaran ada
tersimpan di database bank, sementara data tiketnya tersimpan di database
server maskapai yang menyediakan aplikasi tiket online tersebut. Jadi dapat
dikatakan bila aplikasi yang digunakan menggunakan database yang terpisah tidak
satu database saja, maka dapat dikatakan itu adalah aplikasi pengolahan data
terdistribusi atau dikenal juga dengan distributed data processing system.
E. HandHeld
Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga
dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir
sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer
genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki
keyboard dan layar yang kecil. Beberapa produsen mencoba untuk memecahkan masalah
keyboard yang terlalu kecil. Keyboard tersebut diganti dengan electronic pen.
Bagaimanapun,electronic pen ini masih bergantung pada teknologi pengenalan
tulisan tangan yang masih dalam tahap pengembangan.
Kelebihan dari komputer genggam ini adalah pengguna dapat
menyimpan serta mengatur data dengan lebih efisien dan akurat. Biasanya
komputer genggam dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Bluetooth memang tepat
untuk mencetak secara nirkabel, menghubungkan antara komputer genggam dengan
mobile printer. Tidak hanya dengan printer tetapi komputer genggam juga dapat
dihubungkan dengan alat-alat lain melalui koneksi Bluetooth.
Komputer genggam dapat meningkatkan produktivitas pengguna
dan memudahkan mereka untuk bekerja lebih efisien. Komputer genggam yang paling
banyak digunakan adalah komputer yang khusus dirancang untuk menyediakan fungsi
PIM (Personal Information Manager), seperti kalender, agenda, dan buku alamat.
Contoh system handheld adalah Android, Symbian.
1. Perkembangan System Handheld
Sekitar tahun 1990-an dikembangkan sistem yang lebih kecil
dari mikrokompuer yang disebut dengan sistem handheld dalam bentuk personal
digital assistants (PDA). Pada beberapa sistem terdapat telepon selular. Sistem
ini mempunyai memory yang terbatas, prosessor dengan kecepatan rendah dan
display screen yang kecil
2. Sejarah Perkembangan System Handheld
Sistem operasi Handheld juga memiliki sejarah dalam
perkembangannya, adapun sejarah perkembangan system operasi Handheld adalah:
a. 1993 Ponsel
pintar yang pertama, IBM Simon, memiliki fitur layar sentuh, email, dan fitur
PDA dirilis.
b. Palm Pilot 1000 personal digital assistant(PDA)
diperkenalkan pertama kali dengan sistem operasi Palm OS.
c. 1996 PC handled
pertama dengan sistem Windows CE diperkenalkan.
d. 2000 Symbian
menjadi sistem operasi genggam modern pertama pada ponsel pintar dengan
munculnya Ericsson R380.
e. 2001 The Kyocera
6035 menjadi ponsel pintar pertama yang menggunakan Palm OS.
f. 2002 Microsoft
Windows CE versi Pocket PC untuk ponsel pintar diperkenalkan.
g. 2002 BlackBerry
merilis ponsel pintar pertamanya.
h. 2007 Apple
iPhone dengan iOS pertama kali diperkenalkan.
i. 2008 OHA
merilis Android 1.0 dengan HTC Dream (T-Mobile G1) sebagai ponsel Android yang
pertama.
j. 2009 Palm
memperkenalkan webOS melalui Palm Pre.
k. 2009 Samsung
memperkenalkan Bada OS melalui Samsung S8500.
l. 2010 Windows
Phone OS dirilis.
3. Perkembangan Sytem Handheld (PDA)
Personal Digital Assistants disingkat PDA adalah sebuah alat
elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa
kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya,
tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya,
seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses
internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio,
perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku)
ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e,
menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang
lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet,
intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri
khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.
Bertahun-tahun dunia PDA membeku. Lalu Palm Inc. meluncurkan
PDA pertamanya di tahun 1996. Peluncuran inilah yang kemudian mengubah nasib
PDA dan sekaligus mendongkrak popularitas PDA di jagad elektronik.
Alat genggam yang disinergikan dengan operating system (OS)
Palm ini menuai sukses luar biasa. Kemudahan sinkronisasi dengan PC dan
pendekatan pengoperasian berbasis ikon membuat banyak pengguna merasakan
kegunaan alat yang satu ini, lebih daripada sekedar sebuah piranti genggam
biasa.
Dalam jangka waktu enam tahun, pertumbuhan PDA sendiri boleh
dikatakan luar biasa, meskipun tentu saja tak secepat perangkat komputer pada
umumnya. Selama kurun waktu tersebut, PDA terus tumbuh, baik dari sisi
teknologi maupun bisnis. contoh sistem operasi yang digunakan. Palm OS saat ini
masih merupakan pemain yang paling dominan. Merek-merek yang menggunakan OS ini
antara lain adalah Palm sendiri, Sony, IBM dan Handspring.
Berikutnya adalah WindowsCE atau sekarang disebut PocketPC.
Operating system khusus untuk PDA atau PocketPC ini dibuat oleh Microsoft,
karena itu tampilan pada versi PocketPC 2002 hampir mnyerupai tampilan pada
Windows XP. Sebagai catatan popularitas PocketPC kini terdongkrak cukup kuat
seiring dengan komitmen Microsoft yang besar terhadap perkembangan sistem
operasi ini. Merek yang menggunakan OS ini antara lain HP, Compaq, Casio, dan
Siemen.
4. Fungsi PDA
Pertama dan terutama fungsi dari sebuah piranti genggam
semacam PDA adalah untuk mengelola informasi atau data. Lebih spesifik lagi
karena namanya juga Personal Digital Assistant, maka data yang dikelolanya pun
bersifat personal. Diantaranya alamat, nomor telepon, alamat e-mail, jadwal
kegiatan dan daftar kegiatan yang harus kita kerjakan. Baru setelah fungsi itu
PDA dikembangkan sehingga lebih memainkan peran sebagai subnotebook. tentu saja
fungsi yang selama ini diperankan oleh organizer juga termasuk didalamnya,
seperti jam, kalkulator dan kalender.
Saat ini, handheld keluaran terbaru sudah mampu berperan
sebagai alat memainkan musik, pemutar musik MP3 (MP3 player), membaca buku
elektronik (eBook Reader) bahkan memainkan video streaming. Dengan kemampuan
grafis yang tidak lagi hitam putih, handheld ini sudah melebihi tanggung
jawabnya sebagai Asisten Pribadi sesuai dengan namanya, namun walau begitu
jangan sekali-kali menyamakan kemampuan PDA dengan notebook apalagi PC desktop.
5. Sistem Kerja PDA
Sebagai komputer genggam, PDA memiliki processor dan sistem
operasi layaknya komputer biasa. Sistem operasi ini merupakan peranti lunak
utama pada PDA. Cara kerjanya sama seperti sitem operasi pada komputer seperti
Windows XP atau Mac OS, tetapi didesain khusus untuk PDA. Terdapat dua kesamaan
sistem operasi pada PDA yaitu Palm dan Pocket PC (Windows Mobile). Keduanya
bekerja dengan program piranti lunak yang berbeda, jadi walaupun berisikan
banyak dokumen seperti gambar, musik dan lainnya yang bisa dipakai namun tidak
pada pemrogaman. Pada penyimpanan data tanpa kartu memori, data disimpan dalam
RAM dengan ukuran puluhan MegaByte, sedangkan sumber energinya berasal dari
baterai (dulunya A3) isi ulang. Selain itu, bisa juga menggunakan adaptor yang
disambungkan ke stop kontak AC.
6. Kegunaan PDA
a. Telekomunikasi
b. Informasi
c. Pendidikan
d. Olahraga
7. Fitur yang terdapat dalam PDA
-Layar sentuh
-GPS
-PCPocket
-Koneksi Nirkabel
-Agenda
-Memory
-LAN
-Surel
-HiburanKamera
-Sinkronisasi
F. Thread
Thread adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses. Suatu
proses yang multithreaded mengandung beberapa perbedaan alur kontrol dengan
ruang alamat yang sama. Keuntungan dari multithreaded meliputi peningkatan
respon dari user, pembagian sumber daya proses, ekonomis, dan kemampuan untuk
mengambil keuntungan dari arsitektur multiprosesor.
User level thread adalah thread yang tampak oleh programmer
dan tidak diketahui oleh kernel. User level thread secara tipikal dikelola oleh
sebuah library thread di ruang user. Kernel level thread didukung dan dikelola
oleh kernel sistem operasi. Secara umum, user level thread lebih cepat dalam
pembuatan dan pengelolaan dari pada kernel thread. Ada tiga perbedaan tipe dari
model yang berhubungan dengan user dan kernel thread.
Model many to one: memetakan beberapa user level thread
hanya ke satu buah kernel thread.
Model one to one: memetakan setiap user thread ke dalam satu
kernel thread. Berakhir.
Model many to many: mengizinkan pengembang untuk membuat
user thread sebanyak mungkin, konkurensi tidak dapat tercapai karena hanya satu
thread yang dapat dijadualkan oleh kernel dalam satu waktu.
Thread merupakan unit dasar dari penggunaan CPU, yang
terdiri dari Thread_ID, program counter, register set, dan stack. Sebuah thread
berbagi code section, data section, dan sumber daya sistem operasi dengan
Thread lain yang dimiliki oleh proses yang sama. Thread juga sering disebut
lightweight process. Sebuah proses tradisional atau heavyweight process
mempunyai thread tunggal yang berfungsi sebagai pengendali.
Perbedaan antara
proses dengan thread tunggal dengan proses dengan thread yang banyak adalah
proses dengan thread yang banyak dapat mengerjakan lebih dari satu tugas pada
satu satuan waktu.
Keuntungan
1 Tanggap:
Multithreading mengizinkan program untuk berjalan terus walau pun pada bagian
program tersebut di block atau sedang dalam keadaan menjalankan operasi yang
lama/ panjang. Sebagai contoh, multithread web browser dapat mengizinkan
pengguna berinteraksi dengan suatu thread ketika suatu gambar sedang diload
oleh thread yang lain.
2 Pembagian
sumber daya: Secara default, thread membagi memori dan sumber daya dari proses.
Keuntungan dari pembagian kode adalah aplikasi mempunyai perbedaan aktifitas
thread dengan alokasi memori yang sama.
3 Ekonomis:
Mengalokasikan memori dan sumber daya untuk membuat proses adalah sangat mahal.
Alternatifnya, karena thread membagi sumber daya dari proses, ini lebih
ekonomis untuk membuat threads.
4 Pemberdayaan
arsitektur multiprosesor: Keuntungann dari multithreading dapat ditingkatkan
dengan arsitektur multiprosesor, dimana setiap thread dapat jalan secara
paralel pada prosesor yang berbeda. Pada arsitektur prosesor tunggal, CPU
biasanya berpindah-pindah antara setiap thread dengan cepat, sehingga terdapat
ilusi paralelisme, tetapi pada kenyataannya hanya satu thread yang berjalan di
setiap waktu. User thread didukung oleh kernel dan diimplementasikan oleh
thread library ditingkat pengguna. Library mendukung untuk pembentukan thread,
penjadualan, dan manajemen yang tidak didukung oleh kernel.
Playtech - Coin Casino (2021)
BalasHapusPlaytech 인카지노 (formerly Playtech.com) is a febcasino market leader in หาเงินออนไลน์ the iGaming industry. It was founded in 1999. Playtech has developed casino games and